Resep Membuat Donat Empuk dan Tahan Lama.

Resep Membuat Donat Empuk dan Tahan Lama.


Ini donat yang saya bikin kemarin lusa, alhamdulillaah masih empuk. Untuk takarannya ini banyak yang kira-kira sebab saya lihat adonan, saat keenceran saya tambahkan terigu, saat saya lihat kekeringan saya pun tambahkan airnya. Untuk creamya saya lebih suka yang praktis, beli jadi bun, creamnya yang biasa buat cake. Kurang lebih ini resepnya ala sevi maryanti.

Resep Donat

Bahan Biang:
  • 4 sdm ragi instan
  • 50 gram terigu
  • 1 sdm gula
Bahan Adonan:
  • 1 kg terigu
  • 150 gram gula halus
  • 2 sdt bread improfer
  • 1 sachet susu bubuk dan 1 sachet susu kental manis
  • 2 butir telur
  • 1 kuning telur
  • Air kurang lebih 100-200 ml pakai sesuai kebutuhan
  • 1 sdt garam
  • 130 gram margarin


Cara Membuat Donat

Biang:
  1. Pertama kita proses dahulu biang. Campur jadi satu tambahkan air sampai 300 ml.
  2. Aduk rata biarkan sampai mengembang kurang lebih 15 menit.
  3. Sambil menunggu saya siapkan bahan lainnya.
Adonan:
  1. Campur semua bahan kecuali garam dan margarin.
  2. Tambahkan biang tambahkan air sedikit demi sedikit sampai dirasa cukup.
  3. Masukkan margarin dan garam.
  4. Saya sempat menambah terigu juga air lagi karena adonan terlihat keenceran terus malah kurang air, jadi saya tambahkan sedikit demi sedikit.
  5. Setelah kalis elastis, diamkan sampai mengembang 2-3 kali lipatnya, saya tidak menghitung waktu tapi melihat keadaan adonannya.
  6. Setelah mengembang kempeskan, timbang 30 gram (jadi 60 lebih), bulatkan.
  7. Diamkan sampai terlihat mengembang, setelah mengembang, kempiskan dan bentuk bulat.
  8. Diamkan lagi sampai mengembang dan terasa ringan.
  9. Baru goreng dalam minyak panas tapi apinya kecil saja.

Subscribe to receive free email updates: