Resep Bakso Sapi Super Firm empuk gurih enak banget

Setelah berkali kali coba bikin bakso, akhirnya kali ini berhasil juga bikin yang kenyel, krenyesss dan mentalll!! Update: kemarin coba bikin lagi dan kebetulan kehabisan telur, jadi nyoba bikin tanpa telur dan ternyata saya lbh suka yang tanpa telur, hasilnya pun tetap kenyal, krenyes dan mentalll! Yang terpenting adalah adonan harus tetap dingin. Selamat mencoba!


Bakso Sapi Super Firm

Bahan-bahan
75 biji
1 kg daging sapi giling (dinginkan 30min dalam kulkas)
2 1/2 sdm garam
2 sdm gula pasir
1 sdt garlic powder
1 sdm onion powder
1 sdm gelatin powder (bisa di skip)
1 sdm baking powder double acting
1 sdm lada
2 butir putih telur (bisa di skip, yup!!)
1/2 cup air es
5 sdm tepung tapioka
Bumbu kuah:
Garam
Gula
Lada
Garlic powder
Onion powder
Bawang daun

Langkah
1jam 30min
  1. Siapkan food processor atau alat giling lainnya. Masukkan daging giling, garam, gula, garlic powder, onion powder, lada, gelatin powder, baking powder, putih telur, air es kedalam mangkok food processor, giling sampai halus, terakhir masukkan tepung tapioka, giling kembali sampai seperti adonan pasta. Jika menggunakan alat giling kecil, bagi campuran daging giling menjadi 2 atau 3 bagian agar dapat tergiling sampai menjadi pasta. (Bisa ditambahkan air atau ice cube sedikit2 bila diperlukan)
  2. Pindahkan adonan ke dalam mangkok, tutup dengan plastik wrap dan dinginkan di kulkas selama 30min. Sementara itu didihkan air untuk merebus bakso. Setelah mendidih matikan api.
  3. Keluarkan adonan dari kulkas. Aduk rata dengan tangan dan cetak. Remas2 adonan dengan tangan kanan, bulatkan adonan melalui sela2 jari telunjuk dan jempol, lalu gunakan sendok yang telah dicelupkan dalam air dingin untuk mengangkat bakso dari tangan dan masukkan ke dalam panci yang telah berisi air panas. Cetak bakso sampai adonan habis.
  4. Panaskan kembali panci dengan api sedang, rebus bakso sampai air mendidih dan bakso mengapung. Siapkan baskom berisi air dingin. Angkat dan letakkan bakso yang telah matang ke dalam baskom air dingin. Tiriskan.
  5. Panaskan kembali air bekas rebusan bakso. Tambahkan garam, gula, garlic powder, onion powder, lada, kecap ikan dan bawang daun. Masukkan kembali beberapa bakso. Angkat dan sajikan bakso bersama sambal dan pelengkap lainnya sesuai selera.


sumber: MomiCica

Subscribe to receive free email updates: